Kuliah Technopreneur Fakultas Vokasi ITNY : Peluang Bisnis Alat Berat untuk Pesisir Pantai

Fakultas Vokasi Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menggelar kuliah technopreneur dengan mendatangkan praktisi Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), 10/3/2023. Nara sumber Praktisi kali ini adalah Direktur  PT Alberindo Prima Perkasa, Kasmin Riyadi.  Kegiatan ini dilaksanakan di kampus ITNY dengan mengambil tema “Peluang Bisnis Alat Berat untuk Pesisir Pantai Indonesia”.

Kuliah Technopreneur ini diikuti oleh mahasiswa Vokasi D3 Teknik Elektronika dan D3 Teknik Mesin  yang mengambil mata kuliah technopreneurship dengan dosen pengampu Sulaiman Tampubolon, S.T., M.Eng. Turut hadir dalam acara tersebut Ka.Prodi D3 Teknik Elektronika M. Arsyad, S.T., M.T. dan Ka.Prodi D3 Teknik Mesin Hasta Kuntara, S.T., M.T.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Vokasi, Sigit Budi Hartono, ST, MT  menyampaikan bahwa Fakultas Vokasi sangat mendukung kegiatan yang mendatangkan Praktisi dari DUDI seperti ini, karena mahasiswa vokasi bisa mendapatkan informasi langsung dari sumbernya serta untuk meningkatkan kegiatan kerjasama dengan DUDI.

“Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini dengan harapan mahasiswa vokasi bisa lebih tahu DUDI,” ujar Sigit.

ementara, pada materi kuliahnya, Kasmin menceritakan tentang pengalamannya hingga dia berhasil memproduksi  alat berat dan sepeda matahari.

“saya berfikir bahwa pasti suatu saat stok BBM akan berkurang, kemudian saya memodifikasi sepeda listrik dengan menambahkan solar panel untuk pengecasan akinya. Jadilah kendaraan tanpa BBM dan polusi”, tukasnya.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa alat berat tidak harus mendatangkan dari luar negeri. Alat berat buatan Indonesia mumpunyai kualitas dan harga yang cukup bersaing dengan produk luar negeri. Contohnya adalah ekskavator buatan Kasmin sendiri.

Ia mengaku berdasarkan pengalamannya di servis hidrolik industri. Kasmin berhasil menciptakan alat berat Ekskavator kasmino, yang sudah di pake oleh beberapa perusahaan di Indonesia.

Para mahasiswa sangat antusias mendengarkan kisahnya, mereka banyak bertanya kunci suksesnya.

“yang penting harus tekun dan berani mencoba”, pungkas Kasmin kepada para mahasiswa Vokasi ITNY.

Diambil dari : itny.ac.id

Link : Kuliah Technopreneur Fakultas Vokasi ITNY : Peluang Bisnis Alat Berat untuk Pesisir Pantai – Institut Teknologi Nasional Yogyakarta